Aqidah, Mindset

Tujuan Penciptaan Alam Semesta

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على نبينا وحبيبنا محمد خاتم الأنبياء والمرسلين ، وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين

Saudara-saudaraku kaum muslimin rohimakumullooh. Tahukah anda, untuk apa dunia ini diciptakan..? Tentu, tidak mungkin dunia ini diciptakan untuk tujuan yang remeh, apalagi tanpa tujuan. Tidak mungkin.. Tapi, pasti dunia ini diciptakan untuk perkara yang besar, yang menjadikan dunia yang begitu luas dan mempesona ini diciptakan..

Alloh Ta’aalaa berfirman:

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا لَاعِبِينَ * مَا خَلَقْنَاهُمَا إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لَا يَعْلَمُونَ

“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa saja yang ada antara keduanya dengan bermain-main. Kami tidak menciptakan keduanya melainkan dengan haq, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.” (ad-Dukhon:38-39)

Alloh Ta’aalaa juga berfirman:

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاء وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا بَاطِلاً ذَلِكَ ظَنُّ الَّذِينَ كَفَرُوا

“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa saja yang ada di antara keduanya dengan sia-sia. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir..” (Shood: 27)

Kedua ayat ini menegaskan bahwa Alloh Ta’aalaa tidaklah menciptakan alam semesta ini sia-sia, tapi Alloh Ta’aalaa menciptakannya dengan tujuan yang besar dan hikmah yang agung.

Saudara-saudaraku kaum muslimin rohimakumullooh. Ketahuilah, bahwa Alloh Ta’aalaa menciptakan alam semesta ini termasuk kita, untuk dua hal:

1. Agar kita mengenal Alloh Ta’aalaa sang Pencipta kita, sang Pencipta alam semesta, yang tiada sekutu baginya.

Alloh Ta’aalaa berfirman:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْماً

Alloh lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Alloh berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Alloh Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan bahwasanya Alloh, ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu. (ath-Tholaaq: 12)

Alloh Ta’aalaa juga berfirman:

وَفِي الْأَرْضِ آيَاتٌ لِّلْمُوقِنِينَ * وَفِي أَنفُسِكُمْ أَفَلَا تُبْصِرُونَ

“Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Alloh) bagi orang-orang yang yakin. Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?” (adz-Dzariyaat: 20-21)

2. Agar kita hanya beribadah kepada Alloh Ta’aalaa semata. Alloh berfirman:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka hanya beribadah-Ku.(adz-Dzariyaat: 56)

Saudara-saudaraku kaum muslimin rohimakumullooh. Demikianlah, Alloh Ta’aalaa menciptakan alam semesta ini, agar kita mengenal-Nya, mengenal sang Pencipta kita dengan pengenalan yang melahirkan pemurnian ibadah hanya untuk-Nya semata. Karena sesungguhnya, Dzat yang telah menciptakan kita dari ketiadaan menjadi ada serta melimpahkan betapa banyak nikmat kepada kita; Dzat yang memiliki segala kesempurnaan tanpa memiliki kekurangan sedikitpun jua; tentunya, Dialah satu-satunya yang berhak menjadi tujuan ibadah kita, bukan apapun dan siapapun selain Dia.

Alloh Ta’aalaa berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ

“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu..(al-Baqoroh: 21)

Semoga Alloh senantiasa membimbing kita dan menjadikan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang senantiasa mengesakan-Nya dalam ibadah-ibadah kita. Aamiin…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s